Psikologi Perkembangan Anak
#1.2 BATASANPERKEMBANGAN
Perkembangan merupakan pola perubahan yang dimulai pada saat konsepsi
dan berlanjut di sepanjang rentang kehidupan. Perkembangan sangat erat
hubungannya dengan pertumbuhan. Tidak hanya pada manusia yang hidup, bahkan
manusia matipun pertumbuhan tetap ada. Begitu yang dijelaskan Santrock tahun
1998 yang tertulis pada Modul Psikologi Perkembangan Anak Universitas Terbuka.
Perkembangan manusia merupakan suatu ilmiah tentang bagaimana seseorang
berubah dan sekaligus bagaimana mereka tetap sama dalam waktu yang berbeda. Artinya
seorang anak akan tetap menjadi dirinya sendiri meskipun usia dan kemampuannya
sudah bertambah dan meningkat. Namun anak tersebut tidak akan berubah menjadi
invidu orang lain.
Psikologi perkembangan berkaitan
dengan perubahan perilaku dalam diri seseorang selama hidupnya, berkaitan
dengan perbedaan dan kemiripan di antara orang-orang dalam sifat perubahan
tersebut. Contohnya adalah perkembangan bicara pada anak kemampuan bicara tidak
muncul secara tiba-tiba. Namun kemampuan tersebut diperolah melalui
perkembangan yang bertahap. Diawali dari
suara vokal ooo..., eee..., aaa..., iii..., uuu..., kemudian bertahap
cococo..., cecece..., belrtahap lagi menjadi kata sederhana, papa..., mama...,
dada..., dan bertambah lebih sulit, mulut..., hidung..., kepala... dan
seterusnya hingga menjadi dua kata, tiga kata hingga banyak kata.
Dari contoh tersebut paragraf di atas seorang anak mengalami beberapa
perubahan sampai pada kemampuan bicaranya. Beberapa persamaan dan perbedaan
antara anak yang satu dan anak yang lain dalam perkembangan bicara dapat kita
amati. Kita juga dapat menemukan perbedaan antar anak dalam penguasaan
keterampilan bicara. Contohnya ada anak umur dua tahun sudah menguasai banyak
kosa kata, ada juga yang masih beberapa kata, bahkan adapula yang belum bisa
bicara sama sekali.
Psikologi perkembangan tidak hanya bertujuan untuk menggambarkan
perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri individu dan perbedaan-perbedaan
antar individu, tetapi juga bertujuan untuk memodifikasi perilaku dengan cara
yang optimal. Psikologi perkembangan juga menyadari bahwa individu berubah
dalam dunia yang berubah dan bahwa konteks perkembangan yang berubah dapat
mempengaruhi sifat dari perubahan individual. Dulu anak SD kelas 4 baru di
ajari belajar bahasa Inggris, bahkan ada yang masuk SMP baru kenal bahasa
Inggris. Bandingkan dengan sekarang, siswa TK pun sudah di selingi bahasa
Inggris. Perubahan itu tentu akan membawa perubahan pula pada diri individu
berupa penguasaan yang lebih cepat akan bahasa asing.
0 komentar:
Posting Komentar