Hari pertama
Dea dan Nabila masuk sekolah, nampak Dea yang selalu bersembunyi di belakang
rok ibunya, sedangkan Nabila asyik berkenalan dan bermain dengan teman-teman
barunya. Kenapa perilaku Dea dan Nabila berbeda ? Apakah pengasuhan orang tua
yang berbeda antara Dea Nabila ? Atau Nabila tergolong anak yang aktif dalam
bersosialisasi dibandingkan dengan Dea ?
Sebuah kontroversi
antara aktif dan pasif seseorang dalam perkembangan, disebutkan pada (Modul
Psikologi Perkembangan Anak Universitas Terbuka) filsuf Inggri, John Locke
menyatakan bahwa seorang anak kecil adalah tabula rasa atau kertas kosong yang
akan dicoret-coret oleh masyarakat. Anak dipandang sebagai organisme pasif yang
secara utama dibentuk oleh kekuatan eksternal dalam lingkungan.
Beda halnya
dengan filsuf Prancis, Jean Jacques Rousseau, percaya bahwa anak dilahirkan
dengan akhlak yang baik. Ia cenderung akan berkembang ke arah yang positif
kecuali mendapat tekanan yang kuat dari lingkungan. pandangan tersebut menjadi
pelopor bagi model perkembangan organismik. Model ini melihat orang-orang
sebagai organisme yang aktif dan tumbuh, yang mengatur jalan perkembangan
sendiri.
Kedua pandangan
terseut dipandang terlalu menyederhanakan segala sesuatu. Anak-anak mempunyai
dorongan dan kebutuhan internal mereka sendiri. Anak-anak adalah agen aktif
yang membentuk, mengontrol dan mengarahkan jalan perkembangan sendiri. Anak-anak
adalah pencari informasi yang penuh rasa ingin tahu yang secara sengaja berusaha
untuk memahami dan mengeksplorasi dunianya. Anak juga memiliki faktor herediter
yang mpengaruhi perkembangan, tetapi anak adalah juga makhluk sosial yang tidak
dapat mencapai perkembangan yang optimal tanpa campur tangan lingkungan. Guru,
orang tua, dan teman tidak secara sederhana membentuk anak. Anak secara aktif
memodifikasi tindakan orang tuanya dan orang lain yang mereka temui dalam
kehidupan sehari-hari.
0 komentar:
Posting Komentar