Psikologi Perkembangan Anak
#1.3 PROSES PERKEMBANGAN
Proses perkembangan yang terjadi pada anak-anak
dibagi menjadi dua. Diantaranya perubahan kuantitatif,
dan perubahan kualitatif. Devinisi
dari perubahan kuantitatif adalah perubahan dalam jumlah, seperti pertumbuhan
dalam tinggi, berat, dan perubahan kosakata. Sedangkan perubahan kualitatif
adalah perubahan dalam jenis, struktur, atau organisasi. Perubahan kualitatif
ditandai oleh munculnya fenomena yang tidak dapat dengan mudah diantisipasi
berdasarkan fungsinya yang lebih awal. Misalnya perubahan dari embrio menjadi
bayi dan atau dari anak yang belum bisa berkomunikasi secara verbal menjadi
anak yang sudah bisa memahami kata-kata dan dapat berkomunikasi secara verbal.
Disebutkan pada Modul Psikologi Perkembangan
Universitas Terbuka, para ahli perkembangan tertarik pada hal-hal yang
mendasari stabilitas atau konstansi dari kepribadian dan perilaku. Sebagai
contoh, sekitar 10-15 persen anak secara konsisten pemalu, dan 10-15 persen
lainnya adalah anak pemberani. Meskipun bermacam-macam pengaruh dapat sedikit
memodifikasi sifat-sifat pemalu dan pemberani, sifat tersebut nampaknya
bertahan dalam tingkatan yang sedang
pada satu kutub ekstrim atau kutub ekstrim lainya, khususnya pada anak-anak.
Selain contoh sifat tersebut, dimensi yang luas dari kepribadian, seperti
ketelitian dan keterbukaan terhadap pengalaman baru, nampaknya stabil sebelum
atau selama masa dewasa muda.
0 komentar:
Posting Komentar